Cakap Mengajar: suatu Analisis tentang Dampak Pendalaman Alkitab bagi Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PPL dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Kristen

Petrus, Simon (2014) Cakap Mengajar: suatu Analisis tentang Dampak Pendalaman Alkitab bagi Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PPL dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Kristen. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
simon_hd.pdf

Download (229kB)
[img] Text
simon_kp.pdf

Download (134kB)
[img] Text
simon_bab_1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
simon_bab_2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
simon_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
simon_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
simon_bab_5.pdf

Download (37kB)
[img] Text
simon_dp.pdf

Download (53kB)
[img] Text
simon_cv.pdf

Download (39kB)

Abstract

Simon Petrus : 2010, Cakap Mengajar: Suatu analisis tentang dampak Pendalaman Alkitab bagi Kompetensi Pcdagogik Mahasiswa Praktek Pengenalan Lapangan (PPL). Rumusan masalah yang akan dikaji dalam skripsi ini adalah: Bagaimana dampak Pendalaman Alkitab bagi kompetensi pedagogik mahasiwa PPL STAKN Toraja dalam mengimplementasikan nilai-nilai Kristiani di tempat mahasiswa praktek? Tujuan penelitian adalah untuk untuk mengetahui bagaimana dampak Pendalaman Alkitab bagi kompetensi pedagogik mahasiwa PPL STAKN Toraja dalam mengimplementasikan nilai-nilai Kristiani dalam melaksankan PPL. Pendalam Alkitab adalah waktu khusus yang disediakan bagi Tuhan dalam persekutuan yang indah bersama-Nya di dalam Firman-Nya yang dibaca serta direnungkan serta diaplikasikan. Pendalaman Afkitab akan membawa seseorang bertumbuh di dalam pengenalan yang benar akan Allah. Pendalaman Alkitab tidak hanya sebatas dipahami saja, akan tetapi lebih dari itu, pendalaman Alkitab dapat dilakukan dalam kehidupan ini atau yang lebih dikenal dalam tulisan ini adalah Aplikasi. Banyak orang hanya memahami apa itu pendalaman Alkitab, akan tetapi dalam kenyataannya hal itu belum dilakukan dan dipraktekan dalam kehidupannya sebagai suatu yang harus dilakukan. Pertumbuhan iman hanya dapat terjadi jika selalu meluangkan waktu bersama Allah di dalam belajar Firman-Nya melalui pendalaman Alkitab, Pendalaman Alkitab akan sangat membantu dan menolong dalam pertumbuhan iman dan pengenalan yang benar akan Allah di dalam kehidupan ini. Melalui pendalaman Alkitab kehidupan beriman semakin dibangun dan dibentuk oleh Allah di dalam Firman-Nya, karena itu sangat penting sekali pendalaman Alkitab dilakukan dalam kehidupan ini. Jika Pendalaman Alkitab tidak dibangun dalam kehidupan ini akan menjadikan hidup terasa hambar seperti sayur tanpa garam dan juga pengenalan akan Allah sangat dangkal dan sedikit. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif yaitu melalui observasi dan wawancara. Dari hasil dilapangan, terbukti bahwa dampak pendalaman Alkitab bagi kompetensi pedagogik mahasiswa Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) seperti: dalam mempersiapkan bahan ajar, menjelaskan materi ajar dan menjawab pertanyaan dari siswa serta menolong mereka untuk menempatkan diri dengan baik. Karena itu penting pendalaman Alkitab dilakukan agar dapat membangun kehidupan beriman kepada A llah. Kehidupan beriman hanya dapat dibangun dalam pengenalan akan Firman-Nya melalui pendalaman Alkitab, iman itu harus selalu bertumbuh di dalam pengenalan yang benar akan Allah hanya melalui pendalaman Alkitab. Karena itu penulis sangat mengharapkan mahasiswa STAKN Toraja melakukan pendalaman Alkitab dalam kehidupan beriman kepada Allah. Pendalaman Alkitab tidak hanya dipahami saja, akan tetapi pendalaman Alkitab dapat dilakukan dalam rangka membangun kehidupan beriman kepada Aflah.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ap sarmita sumule
Date Deposited: 26 Jul 2024 15:57
Last Modified: 26 Jul 2024 15:57
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1846

Actions (login required)

View Item View Item