Kajian Sejarah Perkembangan Pendidikan Agama Kristen di Seko dan Relevansinya Terhadap Pendidikan di Embonatana-Makaleang

Darson, Darson (2024) Kajian Sejarah Perkembangan Pendidikan Agama Kristen di Seko dan Relevansinya Terhadap Pendidikan di Embonatana-Makaleang. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
darson_skpp.pdf

Download (87kB)
[img] Text
darson_hd.pdf

Download (244kB)
[img] Text
darson_kp.pdf

Download (1MB)
[img] Text
darson_bab_1.pdf

Download (542kB)
[img] Text
darson_bab_2.pdf

Download (605kB)
[img] Text
darson_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
darson_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
darson_bab_5.pdf

Download (421kB)
[img] Text
darson_dp.pdf

Download (457kB)
[img] Text
darson_cv.pdf

Download (279kB)

Abstract

Sejarah Perkembangan PAK merupakan salah satu pembelajaran agama yang memperlihatkan, mewujutkan identitas dan ciri khas Kristen dalam ajarannya. (Dibimbing oleh Dr. Joni Tapingku, M.Th. selaku pembimbing I dan Djidon Lamba, Ph.D. selaku pembimbing II). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, dan Dokumentasi. Kemudian Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah: (1) Awal mulanya sejarah PAK dibawa oleh para zending dengan memperkenalkan pendidikan umum dengan metode mengajarnya dengan mengajarkan membaca, menulis dan berhitung. (2) Setelah masyarakat Seko tahu membaca menulis dan berhitung lalu mereka menyerahkan dirinya dibaptis menjadi orang Kristen. (3) Dampak dari Pendidikan Agama Kristen yang diterapkan oleh utusan GZB, adalah masyarakat, anak-anak sudah sepenuhnya menerima agama Kristen dan pengetahuan mereka meluas sehingga mereka menempuh pendidikan yang tinggi. The History of the Development of Christian Religious Education (CRE) is a religious education that displays and embodies the identity and characteristics of Christianity in its teachings. (Supervised by Dr. foni Tapingku, M.Th. as the primary supervisor and Djidon Lamba, Ph.D. as the secondary supervisor). The method used in this research is a qualitative approach urith a field study type. Data collection techniques include interviews and documentation. The data analysis tcchniques used in this research are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The conclusions ofthis study are: (1) The initial history of CRE was brought by missionaries who introduced general education with teaching methods that included reading, writing, and arithmetic. (2) After the people ofSeko leamed to read, write, and do arithmetic, they then submitted themselves to be baptized as Christians. (3) The impact of Christian Religious Education delivered by GZB missionaries is that the community, especially the children, have fully embraced Christianity, and their abundant knowledge has enabled them to pursue higher education.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ap sarmita sumule
Date Deposited: 25 Jul 2024 14:09
Last Modified: 25 Jul 2024 14:09
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1838

Actions (login required)

View Item View Item