Pedawaba, Elsa (2023) Edukasi dan Kapali: Nilai Edukasi dalam Kapali Suku Pamona yang Relevan dengan Pendidikan Karakter Kristiani Anak di Luwu Timur. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
elsa_similarity.pdf Download (185kB) |
|
Text
FILE 2 KATA PENGANTAR DAN BAB I.pdf Download (436kB) |
|
Text
FILE 3 BAB II SKRIPSI ELSA PEDAWANA.pdf Download (695kB) |
|
Text
FILE 4 BAB III ELSA PEDAWANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
|
Text
FILE 5 BAB IV ELSA PEDAWANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
|
Text
FILE 6 BAB V ELSA PEDAWANA.pdf Download (349kB) |
|
Text
FILE 7 DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN ELSA PEDAWANA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Elsa Pedawana, dengan judul skripsi “Edukasi dan Kapali: Nilai Edukasi dalam Kapali Suku Pamona yang Relevan dengan Pendidikan Karakter Kristiani Anak di Luwu Timur” dengan dosen pembimbing Dr. Frans Paillin Rumbi, M.Th., sebagai dosen pembimbing pertama dan Hermin Bollan, S.Th. M.Th., sebagai dosen pembimbing kedua. Dalam penulisan skripsi ini yang menjadi pokok permasalahan ialah anak tidak lagi menanamkan nilai pendidikan terhadap diri mereka sehingga berdampak pada karakter mereka khususnya pada anak yang ada di Dusun Maranindi, tepatnya di Luwu Timur, maka untuk mengatasi hal itu orang tua menggunakan cara pendidikan karakter dengan menerapkan kapali sebagai bentuk pendidikan karakter bagi anaknya, secara khusus karakter Kristiani anak. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apa saja nilai edukasi yang masih relevan dengan pendidikan karakter Kristiani anak dalam kapali suku Pamona. Adapun teori yang digunakan ialah berdasarkan teori Emile Durkheim yang membahas tabu bagaian dari kebiasaan seseorang yang dilakukaan dalam suatu komunits tertentu. Dan teori yaang kedua berdasarkan teori Thomas Licona bahwa pendidikan merupakan sesuatu hal yang menjadi bentuk petunjuk hidup seseorang, dan Aristoteles yang mengatakan bahwa karakter ialah kebiasaan seseorang seabagai wujud tingkah lakunya. Penelitian skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif jenis etnografi dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data yang valid. Dengan objek penelitian enam belas orang tua beserta ketua, sekretaris dan mantan pemangku adat yang ada di Dusun Maranindi, dan delapan anak remaja yang menurut penulis dapat memberikan sumber data sesuai dengan masalah yang penulis kaji. Kesimpulan yang penulis dapatkan bahwa nilai menghargai, ketulusan, kejujuran, solidaritas, pendamaian, mengasihi, ketataan, kedisplinan, kesopanan ataupun etika tidak hanya kita jumpai pada iman Kristen akan tetapi juga juga kita jumpai dalam kapali yang menjadi bagian dalam pembentukan karakter anak, secara khusus karakter Kristiani anak. Kata kunci : Kapali, Pendidikan Karakter Kristiani Anak.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 07:30 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 13:30 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/170 |
Actions (login required)
View Item |