Pemikiran Nicholas of Cusa Tentang Coincidentia Oppositorum dan Sumbangsihnya Dalam Ilmu Pengetahuan

Layantara, Jessica (2021) Pemikiran Nicholas of Cusa Tentang Coincidentia Oppositorum dan Sumbangsihnya Dalam Ilmu Pengetahuan. Bia': Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 4 (1). ISSN 2655-4666

[img] Text
247-1279-1-PB.pdf

Download (368kB)

Abstract

Konsep Coincidentia Oppositorum adalah tema utama dalam pemikiran Nicholas of Cusa. Pemikiran Cusa sempat mengalami beberapa perubahan dalam beberapa karyanya, sehubungan dengan pengaruh-pengaruh teologi negatif, humanisme, skolastisisme, nominalisme, dan filsafat Neo-Platonisme. Namun demikian, Coincidentia Oppositorum masih merupakan tema sentral dalam semua karya Cusa. Dimulai pada abad ke-18 sampai saat ini, para pemikir meyakini bahwa pemikiran Cusa mengenai Coincidentia Oppositorum layak diangkat kembali sebagai sebuah pembahasan akademik. Beberapa pemikir bahkan menghubungkan konsep teologis Cusa ini dengan ilmu-ilmu sekuler. Berdasarkan latar belakang tersebut, paper ini dibuat untuk mendeskripsikan pemikiran Cusa mengenai Coincidentia Oppositorum, kemudian menganalisa sumbangsih pemikiran tersebut bagi integrasi teologi dengan ilmu-ilmu pengetahuan seperti matematika, sains, psikologi, dan filsafat. Paper ini akan menggunakan metode analisis kepustakaan melalui sumber-sumber primer maupun sekunder dari pemikiran Cusa mengenai Coincidentia Oppositorum. Tesis paper ini adalah pemikiran Cusa mengenai Coincidentia Oppositorum masih relevan diperbincangkan pada masa kini, bahkan dapat memberikan unio oppositorum antara teologi dan ilmu-ilmu pengetahuan lainnya.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: pd andarias manting
Date Deposited: 24 Nov 2021 22:11
Last Modified: 24 Nov 2021 22:11
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item