Implikasi Pedagogi Paulo Freire dan Antonia Harder terhadap Tindak Pidana Perdagangan Manusia di Nusa Tenggara Timur

Nenohai, Jear (2021) Implikasi Pedagogi Paulo Freire dan Antonia Harder terhadap Tindak Pidana Perdagangan Manusia di Nusa Tenggara Timur. Bia': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual. ISSN 2665-4666

[img] Text
211-1263-1-PB.pdf

Download (579kB)

Abstract

Penelitian mengenai perdagangan manusia di Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) saat ini belum melibatkan pendekatan pendidikan untuk menganalisis masalah tersebut. Jadi, tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan sumbangsih pemikiran mengenai pola pendidikan konstekstual bagi GMIT dalam melawan kasus perdagangan manusia di Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini didasarkan pada studi literatur yang membandingkan pedagogi kritis dari Paulo Freire dan Antonia Harder. Setelah itu, penulis menggunakan pedagogi tersebut untuk menganalisis praksis misi perlawanan Gereja Masehi Injili di Timor dan praktik pendidikan kontekstual dari sekolah alternatif bernama lakoat.kujawas. Melalui dialog misi dan pendidikan tersebut, penulis melihat bahwa basis perlawanan GMIT belum melibatkan kebudayaan dan alam sebagai basis perlawanan. Melalui analisa pedagogi kritis ala Freire dan Antonia Harder, penulis menunjukan relevansi dari pedagogi pembebasan dan model pendidikan kontekstual Lakoat.Kujawas bagi proses perlawanan yang kerjakan oleh GMIT. Akhir kata, Penelitian ini terbatas pada eksplorasi pedagogi kritis untuk kasus-kasus perdagangan manusia dan belum melibatkan dimensi politik pendidikan, kajian teologis dan praktis lebih jauh tentang pedagogi pembebasan.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: pd andarias manting
Date Deposited: 24 Nov 2021 00:01
Last Modified: 24 Nov 2021 00:02
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item View Item